web site hit counter Starting Over - Ebooks PDF Online
Hot Best Seller

Starting Over

Availability: Ready to download

Hubungan mereka hanya berlandaskan physical attraction, awalnya Prita mengira begitu, Hanya ketertarikan fisik semata. Tidak lebih. Dia mengagumi Erlan yang tampan dengan setela kantor yang membuatnya terlihat sempurna. Namun, waktu telah membantu dia menyadari bahwa perasaannya kepada laki-laki itu mulai berkembang. Hanya ketertarikan fisik, Erlan mendengar pengakuan itu b Hubungan mereka hanya berlandaskan physical attraction, awalnya Prita mengira begitu, Hanya ketertarikan fisik semata. Tidak lebih. Dia mengagumi Erlan yang tampan dengan setela kantor yang membuatnya terlihat sempurna. Namun, waktu telah membantu dia menyadari bahwa perasaannya kepada laki-laki itu mulai berkembang. Hanya ketertarikan fisik, Erlan mendengar pengakuan itu berulang kali dari mulut Prita. Sementara dia sendiri gamang atas perasaannya, Dia nyaman berada di sisi putri tunggal bosnya itu. Akan tetapi, logika terus mengingkari rasa bahwa dirinya telah jatuh cinta kepada Prita. Ya, tidak ada jatuh cinta dalam kamus Erlan, awalnya begitu. Namun, apa yang kira-kira tidak bisa dilakukan oleh kekuatan cinta?


Compare

Hubungan mereka hanya berlandaskan physical attraction, awalnya Prita mengira begitu, Hanya ketertarikan fisik semata. Tidak lebih. Dia mengagumi Erlan yang tampan dengan setela kantor yang membuatnya terlihat sempurna. Namun, waktu telah membantu dia menyadari bahwa perasaannya kepada laki-laki itu mulai berkembang. Hanya ketertarikan fisik, Erlan mendengar pengakuan itu b Hubungan mereka hanya berlandaskan physical attraction, awalnya Prita mengira begitu, Hanya ketertarikan fisik semata. Tidak lebih. Dia mengagumi Erlan yang tampan dengan setela kantor yang membuatnya terlihat sempurna. Namun, waktu telah membantu dia menyadari bahwa perasaannya kepada laki-laki itu mulai berkembang. Hanya ketertarikan fisik, Erlan mendengar pengakuan itu berulang kali dari mulut Prita. Sementara dia sendiri gamang atas perasaannya, Dia nyaman berada di sisi putri tunggal bosnya itu. Akan tetapi, logika terus mengingkari rasa bahwa dirinya telah jatuh cinta kepada Prita. Ya, tidak ada jatuh cinta dalam kamus Erlan, awalnya begitu. Namun, apa yang kira-kira tidak bisa dilakukan oleh kekuatan cinta?

30 review for Starting Over

  1. 4 out of 5

    Katherine 黄爱芬

    Finally!!! Ada novel romance Indonesia yg bikin saya puas.... puas... puas.... hehehehe.... Walaupun banyak penulisan yg kurang kata yg bikin saya bacanya mirip naik mobil dgn jalanan penuh polisi tidur. Prita Salim adalah putri tunggal konglomerat, sudah terbiasa manja dan mendapatkan apapun keinginannya. Tapi tidak demikian saat berhadapan dgn Erlan, tangan kanan ayahnya anak emas ayahnya. Prita langsung tersulut rasa dengki lumayan akut. Wajar sih... Gw aja dulu ngambeg berhari-hari waktu nyok Finally!!! Ada novel romance Indonesia yg bikin saya puas.... puas... puas.... hehehehe.... Walaupun banyak penulisan yg kurang kata yg bikin saya bacanya mirip naik mobil dgn jalanan penuh polisi tidur. Prita Salim adalah putri tunggal konglomerat, sudah terbiasa manja dan mendapatkan apapun keinginannya. Tapi tidak demikian saat berhadapan dgn Erlan, tangan kanan ayahnya anak emas ayahnya. Prita langsung tersulut rasa dengki lumayan akut. Wajar sih... Gw aja dulu ngambeg berhari-hari waktu nyokap gw membandingkan gw dgn anak tetangga. Kalau udah begini biasanya timbul pula asumsi-asumsi buruk dan seenaknya ttg ybs. Gw ketawa-ketawa saat Prita menuduh Erlan dgn segenap ke-iri-hati-an-nya, bukan krn gak empati dgn Erlan, tapi sbg wanita kita kerap begitu kan kpd org yg tidak kita sukai (padahal kita suka dia di alam bawah sadar kita)? Dan surprise-nya Erlan bergeming, tidak meladeni usaha kekanak-kanakan Prita utk memprovokasinya supaya emosi. Pengecualian soal ciuman mereka, Prita terkejut bhw Erlan yg selama ini dianggapnya spt Tuan Robot yg gak berperasaan, workaholic dan irit bicara, ternyata bisa mengguncang hatinya. Jadi Prita melakukan siasat "jalan bareng" yg ribet. Kenapa ribet? Dibaca aja deh, dijamin koplak. Hubungan mereka gak selalu mulus, banyak turun naiknya juga tetapi semuanya diselesaikan secara dewasa dan kuncinya memang kesabaran dan komunikasi. Saya salut pada author yg bisa memadankan kombinasi dua kepribadian yg bertolak belakang ini. Prita yg manja ini suka kepo-an dan ikut campur sekaligus menderita syndrome yg ingin lepas dari bayang-bayang kebesaran nama dan harta ortunya. Sedangkan Erlan adalah sosok yg menampilkan sisi introvert dan bikin org segan, tetapi sangat kompeten. Ada saatnya orang bertingkah buruk tetapi dibaliknya nggak seburuk yg ditampilkannya, begitu pula sebaliknya. Dan yg menjadi maskot di novel ini adalah ORLIN!!!! Yay yay yay... saya suka dgn asisten yg satu ini, walaupun songongnya keterlaluan tapi jujurnya juga gak ketulungan. Setiap perkataan yg dilontarkannya nyaris bikin saya ngakak mulu. Semoga novel-novel author yg lain juga bikin saya happy ketawa-ketiwi saat membacanya. Stars: 4.2 *

  2. 5 out of 5

    Sulis Peri Hutan

    Review lengkap: https://www.kubikelromance.com/2019/1... Prita Salim selalu mendapatkan apa yang dia inginkan, dia terlahir dengan sendok perak, dia anak tunggal yang sangat dimanja orangtuanya. Namun, ada satu hal yang tidak bisa dapatkan dengan mudah, perhatian mantan tungannya, Erlan. Erlan bisa dibilang anak emas ayahnya, selain menjadi kepercayaan di perusahaan, orangtua Prita sangat ingin menjodohkan mereka, yang sudah dicoba tapi gagal karena kasus yang menimpa Prita dulu, yang membuatnya Review lengkap: https://www.kubikelromance.com/2019/1... Prita Salim selalu mendapatkan apa yang dia inginkan, dia terlahir dengan sendok perak, dia anak tunggal yang sangat dimanja orangtuanya. Namun, ada satu hal yang tidak bisa dapatkan dengan mudah, perhatian mantan tungannya, Erlan. Erlan bisa dibilang anak emas ayahnya, selain menjadi kepercayaan di perusahaan, orangtua Prita sangat ingin menjodohkan mereka, yang sudah dicoba tapi gagal karena kasus yang menimpa Prita dulu, yang membuatnya harus mendekam di penjara untuk beberapa saat. Erlan sendiri awalnya tidak tertarik dengan Prita, dia tahu Prita anak manja dan suka melakukan apa yang dia mau tanpa berpikir dahulu, tapi lama-lama kelakuan Prita membuar Erlan jenggah juga, terlebih menuduhnya berusaha merebut perhatian Bastian, karena Prita sedang main makcomblang Orlin dengan asistennya tersebut. Erlan pun membuktikannya dengan mencium Prita. Hal tersebut menjadi awal ketertarikan keduanya sampai akhirnya membuat kesepakatan 'jalan bareng'. Namun, Erlan takut kalau perasaanya akan berkembang jauh, dia tidak ingin seperti seseorang di masa lalunya dulu, yang bisanya hanya menyakiti. Sedangkan Prita tidak yakin kalau hubungan mereka akan bertahan lama, terlebih mengetahui kalau Erlan pernah menjadin hubungan dengan Felis, penyanyi yang lagi naik daun dan sangat menarik, tahu kalau hubungan mereka tidak akan mudah diputus. "Cinta itu nggak lantas bisa hilang karena lo nggak mau jatuh cinta sama orang itu. Kalau gitu cara kerjanya, nggak akan ada orang patah hati dan galau menahun." "Cinta itu mggak kayak barang, Mbak. Kalau sudah nggak ingin dilihat tinggal dimasukin ke tong sampah, langsung dibuang, dan otomatis terlupa. Enak banget kalau cara kerjanya kayak gitu. Seminggu kita bisa jatuh cinta dua sampai tiga kali." Pertama tahu tentang Prita dan Erlan ini waktu baca Bec & Becca, tapi waktu itu belum sempat selesai baca, cerita sudah terlanjut dihapus penulis, hahaha, jadi bisa dibilang benar-benar mulai dari awal lagi perkenalan tentang mereka. Yang bikin saya tahu bakalan suka banget sama cerita ini adalah waktu baca bab pertamanya, saya sangat tertarik dan biasanya penilaian saya nggak pernah salah kalau sudah merasa kesenangan sejak baca bab pertama. Dan bagi saya pribadi, buku ini cukup berbeda dengan tulisan Titi Sanaria yang lain, walau khasnya tetap melekat. Dari segi karakter para tokohnya dulu. Untuk Prita Salim, nggak jauh berbeda dengan karakter cewek yang pernah dibuat penulis, penuh prasangka atau asumsi yang belum tentu benar adanya yang akhirnya nanti menjadi masalah utama. Namun hal tersebut nantinya bukan menjadi konflik utama, hanya sebagai pemicu perkembangan hubungan Prita dengan Erlan. Yang menarik adalah karakter Erlan, ini yang saya maksud berbeda tadi. Secara garis besar di semua novelnya, tipe cowok yang sering digambarkan penulis itu seperti Ben, atraktif, tipe yang mengejar terlebih dahulu, tidak mudah menyerah. Erlan ini, kalau mengutip kata Prita, seperti robot, dia cenderung cuek dan dingin. Di awal banyak adegan yang membuat Prita harus berusaha keras menarik perhatian Erlan saking cueknya, bahkan sampai mengira dia gay. Dan tentu saja yang paling menarik adalah latar belakang hidupnya, yang membuatnya keras seperti sekarang. Karakter lainnya juga cukup menarik, khususnya Orlin, sayang Bastian tidak banyak dibahas, siapa tahu bakalan ada novelnya tersendiri. Backgroundnya Orlin cukup menarik tuh, dari panti asuhan, cewek kikuk dan sering nabrak meja dan memecahkan barang yang sedang dipegangnya waktu ketemu gebetan dipasangkan dengan cowok yang kekinian banget. Felis dan Ardhian juga punya modal yang kuat untuk tema si kaya dan si miskin, hihihi. Kalau kalian sertia baca tulisannya Titi Sanaria, selain mendapatkan kisah cinta yang ringan sebagai teman minum kopi atau teh. Titi Sanaria juga punya universe untuk tulisannya, di mana ada benang merah dengan bukunya yang lain. Kekurangannya, sama seperti sebelum-sebelumnya, tambahan ceritanya kurang panjang, hahahaha. Saya selalu berharap lebih dari satu epilog, biar perbedaan dengan wattpad cukup bayak. Sama covernya, saya kurang begitu suka. Entah ya, novel sebelumnya dari desainer yang sama saya juga kurang suka. Sarannya masih sama, pemilihan voting cover mungkin bisa menjadi solusi. Starting Over dulu waktu masih di wattpad menjadi salah satu cerita yang paling saya tunggu. Saya suka bagaimana penulis membuat perkembangan hubungan Prita dan Erlan dan yang paling penting bagaimana Erlan menghadapi masa lalunya, ketakutannya. Hampir tidak ada yang berbeda dengan versi wattpad, hanya saja ada tambahan epilog kalau kalian membaca versi cetaknya. Tetap saja Starting Over sangat saya rekomendasikan, terlebih bagi kalian yang mulai jenuh dengan trulisan Titi Sanaria kalau merasa itu-itu saja yang disuguhkan atau pembaca pemula.

  3. 4 out of 5

    Pauline Destinugrainy

    Kebiasaan saya tiap Senin pagi itu adalah mengecek buku baru apa saja yang muncul di GD. Pas lihat novelnya Titi Sanaria yang terbaru ini, tentu saja langsung saya unduh. Pas siangnya saya lihat lagi novel ini sudah ga ada di GD. Nggak tahu kenapa, tapi saya sih bahagia karena sudah tersimpan di hape saya....hehe. So... seperti biasa, saya suka dengan karya Titi Sanaria. Termasuk yang satu ini. Meski awalnya saya merasa seperti membaca Harlequin minus adegan-adegan panasnya. Maksud saya konflikny Kebiasaan saya tiap Senin pagi itu adalah mengecek buku baru apa saja yang muncul di GD. Pas lihat novelnya Titi Sanaria yang terbaru ini, tentu saja langsung saya unduh. Pas siangnya saya lihat lagi novel ini sudah ga ada di GD. Nggak tahu kenapa, tapi saya sih bahagia karena sudah tersimpan di hape saya....hehe. So... seperti biasa, saya suka dengan karya Titi Sanaria. Termasuk yang satu ini. Meski awalnya saya merasa seperti membaca Harlequin minus adegan-adegan panasnya. Maksud saya konfliknya agak mirip dengan HQ. Tokoh utama yang menyimpan masa lalunya sedmikian rupa sampai mempengaruhi cara pandangnya terhadap cinta. Erlan adalah orang kepercayaan Johny Salim. Kepercayaan Johny terhadap Erlan mungkin melebihi kepercayaannya pada anak tunggalnya sendiri, Prita Salim. Tidak heran jika Johny menginginkan Erlan menjadi menantunya dan membuat mereka bertunangan. Prita sendiri tidak habis pikir bagaimana harus menghadapi Erlan yang seperti robot, tidak punya perasaan. Prita bahkan mencoba membuat taruhan chekk-in di hotel dengan seorang artis hanya untuk membuat Erlan cemburu. Yang ada artis itu ditemukan tewas di hotel, dan Prita yang menjadi tersangkanya. Untungnya ada Erlan yang membereskan kasus itu, sehingga Prita dinyatakan tidak bersalah. Meski sempat merasakan tinggal di tahanan. Kejadian itu ditambah beberapa hal lain membuat Prita memutuskan pertunangan dengan Erlan. Prita memutuskan untuk tidak lagi mendekati Erlan. Lebih dari itu dia meyakini bahwa Erlan betul-betul manusia robot tanpa perasaan. Meski kedua orang tuanya mencoba terus menjodohkan mereka, Prita tidak ingin dekat dengan pria yang tidak bisa memahami perasaannya. Di sisi lain, Erlan juga merasa dirinya tidak pantas untuk disandingkan dengan anak atasannya itu. Hutang budinya pada Johny Salim terlalu besar untuk ditukar dengan posisi menjadi menantu. Lebih dari pada itu, Erlan tidak ingin menempatkan Prita dalam posisi ibunya. Erlan tahu dalam darahnya ada gen ayahnya yang pemberang dan suka menyakiti wanita. Tidak mungkin dia berlaku seperti itu pada Prita. Baik Prita maupun Erlan ini punya asumsi dan kesimpulan masing-masing, sampai sebuah ciuman membuat Prita memutuskan untuk mengejar Erlan. Tapi memang karakter Erlan ini lempeng kayak kayu sih... menggemaskan membaca interaksi keduanya. Namanya perempuan ya, pengen juga diperjuangkan, dikejar apalagi sama pria yang disukainya. Belum lagi ada muncul wanita lain yang menjadi penghalang antara Erlan dan Prita, Tapi yang lebih menggemaskan itu si Orlin, asistennya Prita. Sok tahu, tapi juga suka kikuk menghadapi cowok yang disukainya. Pengen deh ada spin off ceritanya si Orlin ini. Jadian nggak sih dengan Bastian?

  4. 4 out of 5

    Seffi Soffi

    4.5🌟 "Merindukan seseorang, terutama orang yang hanya melihatnya sebagai tanggung jawab ternyata tidak lebih baik daripada merasa patah hati." - Hal. 196⁣ ⁣ Yang udah baca Ben dan Becca, pasti tahu dong sama Prita? Anak Jhony Salim yang kesandung masalah pembunuhan artis. Nah di cerita ini, tentang Prita sama Erlan si robot kaku.⁣ ⁣ Kasus yang dialami Prita, emang membuat dia agak menarik diri. Untungnya Erlan sang tunangan bisa membuktikan kalau dia nggak bersalah. Tapi ikatan mereka berakhir juga, 4.5🌟 "Merindukan seseorang, terutama orang yang hanya melihatnya sebagai tanggung jawab ternyata tidak lebih baik daripada merasa patah hati." - Hal. 196⁣ ⁣ Yang udah baca Ben dan Becca, pasti tahu dong sama Prita? Anak Jhony Salim yang kesandung masalah pembunuhan artis. Nah di cerita ini, tentang Prita sama Erlan si robot kaku.⁣ ⁣ Kasus yang dialami Prita, emang membuat dia agak menarik diri. Untungnya Erlan sang tunangan bisa membuktikan kalau dia nggak bersalah. Tapi ikatan mereka berakhir juga, karena Prita emang memutuskan tali pertunangan itu. Sekarang Prita lagi menata lagi kehidupannya, meski begitu Erlan tetap mengawasinya. Ya Prita harus selalu diawasi oleh Erlan karena titah dari orang tuanya.⁣ ⁣ Erlan ini seolah bodyguard bagi Prita, ngobrol sama Erlan selalu adu debat. Ya tuan robot ini emang hobi banget buat Prita kesal. Dan di sinilah kedekatan mereka, meski emang terlihat biasa aja tapi di dalam hati mereka nggak ada yang tahu sih. Gimana ya, berhasilkah Prita menaklukan hati tuan robot?⁣ ⁣ Gaya bercerita penulis emang udah khas banget, dan di sini gaya bercerita pun menarik lebih luwes aja gitu. Tema yang diangkat emang cukup umum, tapinya ceritanya bikin gregetan dan baper.⁣ ⁣ Karakter tokohnya, kusuka sama Prita meski emang kasus kemarin emang nggak mudah tapinya dia kuat. Rasa percaya dirinya dia oke, baik dan sikap agresifnya ini yang kusuka. Dia emang pengambil inisiatif yang bagus klo menyangkut si tuan robot. Erlan si tuan robot ini emang pas banget dijuluki begitu, sikap dia yang kaku dan tegas emang punya pesonanya tersendiri bikin gregetan, meski kadang kesel sama pikiran dia. Untuk tokoh lainnya porsinya pas, karakternya pun berkembang dengan baik dan konsisten.⁣ ⁣ Gaya bahasanya ringan dan mengalir. Memakai sudut pandang orang ketiga penulis menceritakan tokohnya dengan baik, perasaan para tokohnya pun ngena banget.⁣ ⁣ Interaksi antartokohnya tuh, hangat, rame dan seru. Apalagi kalau Becca sama Prita udah ngobrol, pecahlah. Chemistrynya pun berasa banget, feelnya dapet. Erlan ini manis sekaliii, pokonya iri klo liat ke-uwu-an mereka 😍. Dan untuk konfliknya ini romansa cinta dan konflik batin yang sangat kuat. Gemes sama dua-duanya yang selalu denial, kalau Erlan emang wajar sih ya karena mindset masa lalu tentang dirinya ini susah banget buat dilupakan. Apalagi masa lalu yang meyakitkan itu sulit untuk diabaikan begitu saja. Aku suka sih cara Prita meyakinkan Erlan. Ah mereka bener-bener bikin baper! Eksekusi konfliknya apik dan pas banget, endingnya sukaa banget 😍😍. Overall, aku suka banget ceritanya! Rekomen buat cari bacaan roman manis dan baper, silakan kenalan sama Tuan Robot 🕴.

  5. 4 out of 5

    Tiny Shen 沈帝妮

    This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here. Starting Over - Titi Sanaria 🌟🌟🌟🌟 - Setelah nikah, laki-laki itu harus memilih salah satu dari dua hal. Menjadi orang yang teguh mempertahankan pendapat yang dia anggap benar atau menjadi bahagia. - Ini buku TS FAVORIT AKUHHH!!! Luar biasa.. 😍 Perkenalan tokoh utama buku ini ada di Ben & Becca. Penasaran sih sama Erlan ini yang emang kyk robot, emotionless. Ditambah Prita yang bawel banget gitu. Interaksi dua tokoh di sini bikin gemeeeeesssss dan lucuuuu juga. Setelah kasus Prita yang "mengguncang" s Starting Over - Titi Sanaria 🌟🌟🌟🌟 - Setelah nikah, laki-laki itu harus memilih salah satu dari dua hal. Menjadi orang yang teguh mempertahankan pendapat yang dia anggap benar atau menjadi bahagia. - Ini buku TS FAVORIT AKUHHH!!! Luar biasa.. 😍 Perkenalan tokoh utama buku ini ada di Ben & Becca. Penasaran sih sama Erlan ini yang emang kyk robot, emotionless. Ditambah Prita yang bawel banget gitu. Interaksi dua tokoh di sini bikin gemeeeeesssss dan lucuuuu juga. Setelah kasus Prita yang "mengguncang" seluruh Indonesia, pertunangan Prita & Erlan akhirnya dibatalkan. Tapiii, Prita ajak "jalan bareng", yang udah bosen duluan boleh bilang Game Over. Cuma ga ada yang nyangka kalo yang tadinya permainan bisa berubah jd perasaan mendalam.. Aku sukaaa Erlan dan salut sama Prita. Erlan ini tipe idaman sih. Ga banyak ngomong tapi lgsg action. Kalo pasangan lagi cerewet yaudah diem aja dulu. Yang paling penting bisa KERJA donk. 😘 Prita juga bisa bikin Erlan yang tdnya kalo ngomong cuma sepatah dua patah kata kyk robot malah jd bawel juga. Paling seru kalo mereka udh mulai berdebat. Prita jg bs membuktikan bahwa dia bukan anak manja yang hanya bisa mendompleng nama keluarga. P. S : Semoga Orlin bisa menarik perhatian Bastian yaaa.. Kasian Orlin udh jatuh bangun diomelin sana sini. 🤣 Tapi jika tak ada Orlin ga bakalan seru jg buku ini. 😁

  6. 4 out of 5

    Nur Fadilla Octavianasari

    #2020-[13] Kaya baca cerita bersambung, cuman beda main character aja. Untunglah ga salah baca yang ini dulu jadinya bisa dapet jalan ceritanya. Ngelanjutin kisah dari Ben & Becca, jadi ternyata side story antara Prita Salim dan Erlan berlanjut disini ya guys. Yups, Prita si temen Bec yang dituduh bunuh astis yang lagi beken itu, yang kasusnya diwakilin sama kantornya si Ben. Karena berita itu masih bikin trauma meskipun Prita dinyatakan nggak bersalah dan pembunuh sebenernya udah ketangkep tapi b #2020-[13] Kaya baca cerita bersambung, cuman beda main character aja. Untunglah ga salah baca yang ini dulu jadinya bisa dapet jalan ceritanya. Ngelanjutin kisah dari Ben & Becca, jadi ternyata side story antara Prita Salim dan Erlan berlanjut disini ya guys. Yups, Prita si temen Bec yang dituduh bunuh astis yang lagi beken itu, yang kasusnya diwakilin sama kantornya si Ben. Karena berita itu masih bikin trauma meskipun Prita dinyatakan nggak bersalah dan pembunuh sebenernya udah ketangkep tapi bapak dan emaknya Prita sementara mau Keep Prita biar “nggak berulah” yah demi nasib Prita sik, secara doi anak semata wayang yang bakalan mewarisi semua kekayaan Salim Group. Jadi pada akhirnya perjodohan antara Prita dan Erlan akhirnya dibatalkan atas persetujuan keduanya. Meski gitu si emak tetep punya seribu cara buat bikin Prita dan Erlan dekat, salah satunya bikin Prita kerja di kantor bapaknya, tapi dibawah pengawasan Erlan. Pandangan mencemooh Erlan ke Prita sering bikin cewe itu naik darah, belom lagi sikap bodo amat Erlan soal ejekan-ejekan Prita yang semakin bikin gadis itu jengkel. Tapi who knows perasaan Erlan gimana eh? Setelah project ulang tahun perusahaan yang sukses besar dan menujuk Prita jadi PIC sedikit banyak bikin Prita dan Erlan jadi dekat. Prita akhirnya memutuskan untuk hengkang dari perusahaan Papa dan mewujudkan mimpinya—bikin butik hasil rancangannya sendiri. Well tentu saja lagi-lagi Erlan berperan besar dalam mewujudkan ruko 3lantai itu jadi butik yang diidamkan Prita. Selama proses pengerjaan butik ini banyak physical attraction antara keduanya, tapi ya tetep aja denial semua padahal percikan cinta itu sebenernya udah berkecambah. Setelah curhat ama Bec, akhirnya Prita bodo amat dan milih give them a try, she means dia dan Erlan. Bilangnya nggak pacaran sik, cuma jalan bareng tapi ya gitu bonus kissing peluk dan makan malam bareng tiap malam. Meski mencoba keep it secret dari asistennya dan orangtuanya nyatanya hubungan mereka terendus juga. Puncaknya saat Prita ngelihat Erlan dicium cewe lain dari masa lalu yang bikin Prita cemburu berat dan akhirnya mengakhiri semua permainan yang dia mainkan sama Erlan. Erlan yang awalnya nggak tau menahu jadi bingung berat, apa iyaa semua yang terjadi diantara mereka cuma main-main dan nggak ada artinya buat Prita? Setelah berkali-kali mencoba, dan setelah meyakinkan kedua orangtua Prita akhirnya Erlan berhasil dapetin Prita lagi, yay! Bocoran: si Manusia robot itu ternyata bucin abis kalo lagi jatuh cinta. Ah yang mengesalkan sik cuma orang-orang dari masa lalu erlan yak, cerita masa lalu Erlan juga sik. Tapi bagusnya Erlan bisa bangkit dari semua itu. Dan setelah mengklaim dirinya sebatang kara, ternyata masih ada keluarga Erlan dari pihak ibunya, dan surprisenya mereka bukan keluarga biasa biasa, yah semacam CrazyRichIndonesian gitu kaya keluarga Prita. Hohoho.

  7. 4 out of 5

    Ika Merdekawati

    "Ada orang yang sebenarnya nggak cantik, tapi mereka kelihatan menarik banget karena tahu persis bagaimana membawa diri sehingga kelihatan menonjol." Paling suka sama karyanya Kak Titi, udah nggak saya ragukan lagi kalau soal isi cerita, pasti anti mainstream 😁😄 Mungkin bagi sebagian orang yang menilai dari segi karakternya Erlan dan Prita itu tidak beda jauh dari cerita di wattpad. Cumaaaaa.... yang membedakan di sini konfliknya yang tidak ke baca. Ternyata Erlan punya sisi lain yang masa laluny "Ada orang yang sebenarnya nggak cantik, tapi mereka kelihatan menarik banget karena tahu persis bagaimana membawa diri sehingga kelihatan menonjol." Paling suka sama karyanya Kak Titi, udah nggak saya ragukan lagi kalau soal isi cerita, pasti anti mainstream 😁😄 Mungkin bagi sebagian orang yang menilai dari segi karakternya Erlan dan Prita itu tidak beda jauh dari cerita di wattpad. Cumaaaaa.... yang membedakan di sini konfliknya yang tidak ke baca. Ternyata Erlan punya sisi lain yang masa lalunya seperti itu. Itu bagaimana? Ya baca dong mangkanya 😅🤣 Kurang lebih 400 halaman dengan cerita seperti ini, menurut saya sangat puas sekali. Apalagi melihat karakter prita berasa lihat karakter diri sendiri, yang manja, yang egois, yang nggak biasa berbagi tapiii saya masih punya banyak teman di luar hehe.. Menggambarkan sifat anak tunggal pada umumnya 😁 Namanya juga cinta, Beb, meski disebut teman dekat yang mungkin hanya karena Physical Attraction, tapi kalau sudah sering komunikasi dan interaksi, biar dipaksa nggak cinta akan menjalar ke mana-mana tuh perasaan 😂 Baca buku apa lagi ya karyanya Kak Titi ???? 😂😂

  8. 5 out of 5

    Ardina Rahma

    Banyak ya narasinya..

  9. 4 out of 5

    Reina Tan

    Rtc

  10. 5 out of 5

    Aulia Rofiani

    Rating asli 3.5 Ini adalah buku ke-4 yg kubaca dr Mbak Titi dan masih kerasa magic nya, yaitu bikin betah Tensinya emg kerasa naik turun sih cuma ga sampe kerasa bosen Ceritanya simpel sih dan ga ada twist yg mengguncang Suka sama berantem2nya Erlan dan Prita Tapi sayang nih proyek perjodohan Orlin dan Bastian kok ya ga dilanjutin sama Prita? Disinggung dikit kek atau apa gtu pas di akhir2 hehehe Iya sih sempet disinggung, tapi kayaknya si Prita malah jadi terkesan give up gtu buat jodohin mereka, pa Rating asli 3.5 Ini adalah buku ke-4 yg kubaca dr Mbak Titi dan masih kerasa magic nya, yaitu bikin betah Tensinya emg kerasa naik turun sih cuma ga sampe kerasa bosen Ceritanya simpel sih dan ga ada twist yg mengguncang Suka sama berantem2nya Erlan dan Prita Tapi sayang nih proyek perjodohan Orlin dan Bastian kok ya ga dilanjutin sama Prita? Disinggung dikit kek atau apa gtu pas di akhir2 hehehe Iya sih sempet disinggung, tapi kayaknya si Prita malah jadi terkesan give up gtu buat jodohin mereka, padahal watak Prita yg kutangkep adalah dia ini orgnya keras kepala dan impulsif gtu, jadi kayak ga cocok aja sama sifat yg digambarkan Mbak Titi Trus aku nemu yg sepertinya plot hole gtu di bab 27 apa 28 gtu, pas Ardhian ke butik Prita, kok ya ga jelas itu Ardhian sebenernya msh di kamar mandi apa udah pulang pas Prita berantem sama Erlan 😂😂 Selain itu msh nemu typo2 dan kesalahan penggunaan kata depan yg kayaknya lbh banyak drpda novel2 Mbak Titi biasanya

  11. 5 out of 5

    Dc dewi

    Ngikuti cerita ini diwatty&karya ini yg bikin mbak titi ngancam ga boleh nodong kapan upload cerita karena ga suka diburu2..kalo ada yg nodong&ngasi jalan cerita,pasti disuruh ngehapus ma fans sierlan garis keras.ceritanya bagus sih.erlan yg cool dan prita yg manja abis tp mencoba mandiri.pastix geregetan ma orlin yg selalu siap sedia ngecut romantis2nya erlan. Lmyan keganggu saat dikit2"anak pa jony salim&yura salim".iya mbake dikau horang kayah. Beberapa bagian yg ky ngegantung gitu.g cpt disele Ngikuti cerita ini diwatty&karya ini yg bikin mbak titi ngancam ga boleh nodong kapan upload cerita karena ga suka diburu2..kalo ada yg nodong&ngasi jalan cerita,pasti disuruh ngehapus ma fans sierlan garis keras.ceritanya bagus sih.erlan yg cool dan prita yg manja abis tp mencoba mandiri.pastix geregetan ma orlin yg selalu siap sedia ngecut romantis2nya erlan. Lmyan keganggu saat dikit2"anak pa jony salim&yura salim".iya mbake dikau horang kayah. Beberapa bagian yg ky ngegantung gitu.g cpt diselesaiakan tp berlarut2.

  12. 5 out of 5

    Inez Diva Ashilvania

    Sebenere aku dewe bosen sama kisah cowok dingin-cewek aktif gitu. Tapi SO adalah pengecualian, saya suka sekali sama eksekusinya sejak draf pertama di wattpad. Saya suka banget sama keseimbangan dua tokohnya dalam berinteraksi, padahal sifat mereka beda jauh pol. Jika ortu Prita tidak overprotektif, saya bisa kasih nambah bintang ke cerita karena sifat keras kepala, tegas, dan punya kemauan tinggi Prita bakal makin terlihat jelas. Sedangkan Erlan yang kaku tapi kompeten dan menghargai wanita. Or Sebenere aku dewe bosen sama kisah cowok dingin-cewek aktif gitu. Tapi SO adalah pengecualian, saya suka sekali sama eksekusinya sejak draf pertama di wattpad. Saya suka banget sama keseimbangan dua tokohnya dalam berinteraksi, padahal sifat mereka beda jauh pol. Jika ortu Prita tidak overprotektif, saya bisa kasih nambah bintang ke cerita karena sifat keras kepala, tegas, dan punya kemauan tinggi Prita bakal makin terlihat jelas. Sedangkan Erlan yang kaku tapi kompeten dan menghargai wanita. Orlin ini sih juara penyegar dalam cerita SO. Gemes saya sama dia ini hihihihi.

  13. 5 out of 5

    Indri Octa Safitry

    "Cinta itu nggak lantas bisa hilang karena lo nggak mau jatuh cinta sama orang itu. Kalau gitu cara kerjanya, nggak akan ada orang patah hati dan galau menahun. Bodoh!" (hal. 175) Pernah ketemu cowok yang kayak robot? Yang minim ekspresi, minim bicara, nggak suka basa basi. Tapi, pintar, ganteng, penuh kharisma seakan perfect dan tanpa kesalahan? Nah, itu ciri2 si Tuan Robot--Erlan. Dia begitu kaku nya, sampai dijuluki tuan Robot oleh Prita. Bahkan bikin seorang Prita salim-tuan putri dari keluarg "Cinta itu nggak lantas bisa hilang karena lo nggak mau jatuh cinta sama orang itu. Kalau gitu cara kerjanya, nggak akan ada orang patah hati dan galau menahun. Bodoh!" (hal. 175) Pernah ketemu cowok yang kayak robot? Yang minim ekspresi, minim bicara, nggak suka basa basi. Tapi, pintar, ganteng, penuh kharisma seakan perfect dan tanpa kesalahan? Nah, itu ciri2 si Tuan Robot--Erlan. Dia begitu kaku nya, sampai dijuluki tuan Robot oleh Prita. Bahkan bikin seorang Prita salim-tuan putri dari keluarga pembisnis hebat Johny Salim ini merasa di remehkan oleh si Erlan. Kenapa bisa begitu? Secara nih, biasanya kan Prita di sanjung, eh dimata Erlan tuh Prita anak manja, bodoh dan suka bikin masalah Yay, baca kisah ini jadi lebih tau kisah Erlan. Masa lalu kelam yang membuat Erlan macem Robot eh nggak sih tetap dia punya sisi manusia. Biasa, Prita mah cewek dengan asumsi nya--menurut Erlan. Kisah yang epic dan cukup rumit. Aku suka ka Titi menjelaskan kisah Prita dan Erlan. Walau, memang banyak kesalahpahaman diantara mereka. Terlebih gengsi masing2 Penokohan yang lebih kuat dari seuprit kisah mereka di novel Ben dan Becca. Bahkan aku jadi suka sama Erlan setelah sebal sama sikapnya di awal 😂 Banyak konflik pendukung yang memang saling berhubungan. Sampai konfliknya klimaks dan bikin aku gemas. Apalagi pas Erlan dengan Egonya sendiri. Sebal aku pengen cubit dia Bukunya cukup tebal, alurnya maju sedikit menjelaskan kisah masa lalu Erlan. Cukup detail dan bikin aku malah kasian sama Erlan Agak berbeda sih dengan karya ka Titi lain. Lebih fresh dan gemas. Banyak hal yang bisa di petik dalam kisah ini. Kekeluargaan, kepercayaan, ketulusan, tanggung jawab, trauma juga. Complicated Overall, suka dan recomended.

  14. 5 out of 5

    Rizky

    AKU SUKA BANGET!!! Starting Over merupakan novel ke-15 Mba Titi yang kubaca, masih ada 2 novel lagi yang masih dalam antrian. Sejak pertama mengenal tulisannya melalui novel debutnya, Dongeng Tentang Waktu, aku suka dengan tulisannya. Buat kamu yang membaca sejak buku pertamanya, pasti tahu perkembangan tulisannya semakin rapi, matang dan lincah. Mba Titi akhirnya menemukan kekhasan dalam tulisannya, apa itu? hanya ketika kamu sudah membaca tulisannya, baru kamu bisa mengetahuinya Sebenarnya, ide AKU SUKA BANGET!!! Starting Over merupakan novel ke-15 Mba Titi yang kubaca, masih ada 2 novel lagi yang masih dalam antrian. Sejak pertama mengenal tulisannya melalui novel debutnya, Dongeng Tentang Waktu, aku suka dengan tulisannya. Buat kamu yang membaca sejak buku pertamanya, pasti tahu perkembangan tulisannya semakin rapi, matang dan lincah. Mba Titi akhirnya menemukan kekhasan dalam tulisannya, apa itu? hanya ketika kamu sudah membaca tulisannya, baru kamu bisa mengetahuinya Sebenarnya, ide yang diangkat dalam novel Starting Over ini umum dan biasa. Tapi, di tangan Mba Titi ide itu diramu dengan menarik. Aku suka bagaimana perkembangan hubungan Prita dan Erlan, chemistry terbangun secara perlahan, interaksi antar keduanya yang bikin gregetan, hingga pergolakan batin keduanya terkait perasaan mereka satu sama lain. Walaupun kisah seperti ini mudah ditebak, aku menyukai bagaimana Mba Titi membuat kisah mereka menuju klimaks. Penambahan tokoh-tokoh lain seperti Ardhian, Felis, Orlin, Becca itu membuat kisah mereka menjadi semakin manis 😍 Aku sarankan sih kamu membaca Ben dan Becca dulu sebelum membaca novel ini. Aku suka banget interaksi Becca dan Prita, apalagi kalau sudah ngobrol (pokok bahasannya itu bikin senyum-senyum sendiri) Selain itu, aku juga penasaran dengan perkembangan hubungan Ardhian-Felis, mereka punya potensi untuk dikembangkan ceritanya. Secara keseluruhan, buat kamu pecinta romance, aku rekomendasikan novel ini untuk kamu baca. Selamat jatuh cinta dengan Tuan Robot 😁😁😁

  15. 4 out of 5

    Ruli Wahyuning Tyas

    Berawal dari Johny Salim dan Yura Salim yang meminta putri tunggalnya pulang ke Indonesia untuk meneruskan bisnis keluarga. Kemudian dilanjut dengan perjodohan Prita dengan Erlan, anak keemasan Johny Salim di perusahaannya. Seorang Prita Salim yang memiliki kepercayaan diri dan selalu mendapat apa yang ia inginkan karena merupakan putri dari Johny Salim. Dan Erlan yang memiliki masa lalu sulit sehingga membuat menjadi Erlan yang sekarang, bagai robot tak tersentuh dan takut akan komitmen. Hal it Berawal dari Johny Salim dan Yura Salim yang meminta putri tunggalnya pulang ke Indonesia untuk meneruskan bisnis keluarga. Kemudian dilanjut dengan perjodohan Prita dengan Erlan, anak keemasan Johny Salim di perusahaannya. Seorang Prita Salim yang memiliki kepercayaan diri dan selalu mendapat apa yang ia inginkan karena merupakan putri dari Johny Salim. Dan Erlan yang memiliki masa lalu sulit sehingga membuat menjadi Erlan yang sekarang, bagai robot tak tersentuh dan takut akan komitmen. Hal itu membuat Prita frustasi untuk mendapat sedikit perhatian Erlan sehingga melakukan taruhan konyol yang malah membuatnya mendekam beberapa bulan di penjara danemeutuskan pertunangan mereka. Orang tua Prita masih saja genjar mendekatkan Prita dan Erlan, mulai dari project ulang tahun perusahaan bahkan untuk launching butik Prita. Ketika perlahan hubungan mereka membaik dengan insiden" unik yang mereka lewatkan, Prita menawarkan jalan bareng kepada Erlan. Setelah itu hubungan mereka mulai berubah, bukan permainan lagi. Tapi terjadi kesalahpahaman dengan munculnya Felis. Menurutku ceritanya ngalir aja, ringan, bisa dibaca sekali rebahan. Sayang masih banyak narasinya. Cocok banget dibaca kalau lagi pengen baca novel romance yang gak terlalu menye-menye. Dari novel ini aku belajar, trauma masa lalu itu harusnya dihadapi, ditangani bukan ditakuti, apalagi buat ngambil keputusan kedepannya.

  16. 5 out of 5

    Erika Indriyani

    Buku kedua Titi Sanaria yang kubaca. Tulisannya menarikku untuk membaca lagi bukunya setelah Dongeng tentang waktu. Sudut pandang ceritanya juga menggunakan sudut pandang orang ketiga, Erlan dan Prita. Kalau ada yang bilang perempuan dan laki-laki itu bagai venus dan mars buku ini membenarkan pernyataan tersebut. Ketika Erlan dan Prita masing-masing menerka pikiran satu sama lain yang berujung kesalahpahaman tak berujung. Asli, gemes sama mereka. Prita yang banyak bicara dengan maksud membuat Er Buku kedua Titi Sanaria yang kubaca. Tulisannya menarikku untuk membaca lagi bukunya setelah Dongeng tentang waktu. Sudut pandang ceritanya juga menggunakan sudut pandang orang ketiga, Erlan dan Prita. Kalau ada yang bilang perempuan dan laki-laki itu bagai venus dan mars buku ini membenarkan pernyataan tersebut. Ketika Erlan dan Prita masing-masing menerka pikiran satu sama lain yang berujung kesalahpahaman tak berujung. Asli, gemes sama mereka. Prita yang banyak bicara dengan maksud membuat Erlan sebel malah berbalik ke dirinya sendiri karena Erlan yang kata Prita cuma manusia robot. Buku ini cukup menguras emosi, tapi lebih ke sebel aja dengan tingkah Prita dan Erlan juga kehadiran Ardhian dan Felis yang bikin suasana makin ngegemesin. Mari kita lihat, apakah ada buku Titi Sanaria yang lain yang juga menarik.

  17. 4 out of 5

    Linda Cahyaning Rum

    Jujur aku kurang tertarik dengan blurb nya. Ketika di toko buku aku perlu menimbang-nimbang cukup lama untuk akhirnya memutuskan membeli buku ini. Dan ternyata keputusanku untuk membeli buku ini benar. Memang karyanya Mbak Titi gak pernah mengecewakan. Buku ini menceritakan tentang kisah cinta antara seorang lelaki dengan anak dari bosnya. Erlan bukan karyawan biasa. Dia adalah karyawan kepercayaan bosnya. Bahkan bosnya menjodohkan anaknya kepada karyawan itu. Erlan dan juga Prita –anak semata w Jujur aku kurang tertarik dengan blurb nya. Ketika di toko buku aku perlu menimbang-nimbang cukup lama untuk akhirnya memutuskan membeli buku ini. Dan ternyata keputusanku untuk membeli buku ini benar. Memang karyanya Mbak Titi gak pernah mengecewakan. Buku ini menceritakan tentang kisah cinta antara seorang lelaki dengan anak dari bosnya. Erlan bukan karyawan biasa. Dia adalah karyawan kepercayaan bosnya. Bahkan bosnya menjodohkan anaknya kepada karyawan itu. Erlan dan juga Prita –anak semata wayang bosnya– sama-sama tidak menolak perjodohan itu. Tapi itu bukan berarti keduanya saling tertarik, melainkan karena sama-sama terpaksa. Lalu karena satu hal, Prita akhirnya bisa membujuk papanya untuk menghentikan perjodohan itu. Lalu siapa sangka dengan hubungan perjodohan yang sudah putus itu, percikan cinta bisa timbul di antara keduanya.

  18. 5 out of 5

    Suyantsai

    I love it... Suka sama interaksi antar tokohnya. Suka sama plotnya.. dan suka juga sama orlin yg kepo. Aku penggemar baru Titi Sanaria. Novel ini novel ke-3 penulis yang aku baca, dan untuk starting over, i'm hooked with it. Ga bisa berhenti sampe tamat dan akhirnya jadi begadang... Suka sama konsisten dan cerewetnya Prita. Pertengkaran mereka lucu. Gregetan sama insecurenya dua tokoh utama novel ini. Suka sama pilihan diksi penulis untuk menggambarkan kisah mereka berdua. Terimakasih kepada pen I love it... Suka sama interaksi antar tokohnya. Suka sama plotnya.. dan suka juga sama orlin yg kepo. Aku penggemar baru Titi Sanaria. Novel ini novel ke-3 penulis yang aku baca, dan untuk starting over, i'm hooked with it. Ga bisa berhenti sampe tamat dan akhirnya jadi begadang... Suka sama konsisten dan cerewetnya Prita. Pertengkaran mereka lucu. Gregetan sama insecurenya dua tokoh utama novel ini. Suka sama pilihan diksi penulis untuk menggambarkan kisah mereka berdua. Terimakasih kepada penulis yang berhasil membuat saya kembali menekuni hobi membaca setelah sekian lama saya tidak melakukan hobi ini lagi... Dan saya ga sabar untuk membaca karya2 dari mba Titi yang sebelumnya juga yang selanjutnya. ^^

  19. 5 out of 5

    Defrina Pramusinta

    Kisah Prita Salim dan Erlan yg berbeda latar belakangnya. Prita seorang anak pengusaha kaya raya sedangkan Erlan hanyalah seorang anak perampok yg akhirnya hidup di panti. Erlan yang berfikir tidak akan pernah ada kata cinta dihatinya ternyata memiliki ketertarikan fisik terhadap Prita. Tp cintanya tak semulus jalan tol. Dia harus berusaha menutup tumbuhnya rasa cinta yg semakin hari semakin berkembang. Bagaimana dengan Prita? Prita yg menganggap Erlan hanyalah robot pun jg memiliki ketertarikan Kisah Prita Salim dan Erlan yg berbeda latar belakangnya. Prita seorang anak pengusaha kaya raya sedangkan Erlan hanyalah seorang anak perampok yg akhirnya hidup di panti. Erlan yang berfikir tidak akan pernah ada kata cinta dihatinya ternyata memiliki ketertarikan fisik terhadap Prita. Tp cintanya tak semulus jalan tol. Dia harus berusaha menutup tumbuhnya rasa cinta yg semakin hari semakin berkembang. Bagaimana dengan Prita? Prita yg menganggap Erlan hanyalah robot pun jg memiliki ketertarikan fisik. Ya, Erlan bertubuh tinggi, tegap dan tampan. Akankan ketertarikan itu jg berkembang menjadi cinta? Atau kah Prita akan merasa bosan?

  20. 5 out of 5

    Tika Sujirata

    Novel pertama karya kak Titi Sanaria yang aku baca sampe selesai. Sebenernya sebelum ini udah mulai baca Dongeng Tentang Waktu tapi entah kenapa kurang sreg. Tapi lagi-lagi disaranin temen buat baca bukunya kak Titi yang ini, dan.....aku suka!^^ Ceritanya ngalir, runut, tapi entah kenapa menurutku sepi. Ya...soalnya, gatau menurutku penyelesaian dari POVnya Erlan kok gitu-gitu aja ya, kayak kurang greget. Tapi ini IMHO ya. Overall bukunya bagus, ceritanya juga bagus. Rekomen buat ngisi waktu luang Novel pertama karya kak Titi Sanaria yang aku baca sampe selesai. Sebenernya sebelum ini udah mulai baca Dongeng Tentang Waktu tapi entah kenapa kurang sreg. Tapi lagi-lagi disaranin temen buat baca bukunya kak Titi yang ini, dan.....aku suka!^^ Ceritanya ngalir, runut, tapi entah kenapa menurutku sepi. Ya...soalnya, gatau menurutku penyelesaian dari POVnya Erlan kok gitu-gitu aja ya, kayak kurang greget. Tapi ini IMHO ya. Overall bukunya bagus, ceritanya juga bagus. Rekomen buat ngisi waktu luang selagi #WorkFromHome ini:)

  21. 4 out of 5

    Majingga Wijaya

    This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here. Dibuat gemes sama dua tokoh utamanya... yg satu gengsin yg satunya bingung harus ngapain... dan paling gemes lagi sama Orlin. Jadi penasaran gimana dia sama Bastian.. Novel ini lumayan tebel tp enjoy bgt bacanya... walaupun mgkin masih perlu editing disana-sini... tema perjodohan dr benci jd cinta emang selalu bisa nagih buat baca

  22. 5 out of 5

    Dinur A.

    Kurang elaborasi tentang kasus yang membelit Prita dan juga perjalanan hidup Erlan sampe bisa jadi orang kepercayaan Johny Salim. Tapi emang keliatan sih buku ini hanya mau berfokus ke romansa Prita-Erlan. Cuma ya.. kurang aja gitu.

  23. 5 out of 5

    Dwi Ririn

    Puas bacanya.. Ga ada adegan atau dialog yg sy skip kalo baca novel romance.. Seperti perempuan kebanyakan.. Sy suka karakter Erlang.. Dingin dingin salju gimana gitu.. Nebak2 dan tertantang buat tau isi hatinya..

  24. 4 out of 5

    Tavia

    3.5

  25. 5 out of 5

    Desma Wida

    Kurang rinci ya.. banyak yg ga detail penjelasannya tapi oke kalo buat ngisi waktu luang, masih ada typo beberapa.

  26. 5 out of 5

    Hapudin

    Urusan romannya, pembaca bakal diingatkan untuk bikin komunikasi yang efektif. Sehingga kalau suka katakan suka, kalau ada keinginan mohon disampikan. Nggak perlu melibatkan ‘seandainya’ yang justru membuat jarak untuk sebuah hubungan. Untuk pesan lainnya adalah terkadang masa lalu yang pilu memang menyisakan luka. Tetapi bakal sampai kapan membiarkan lukanya tetap basah? Sedangkan kita diberikan pilihan lainnya, yaitu memaafkan. Pilihan ini jelas-jelas ampuh untuk menyembuhkan luka hati. Kita ha Urusan romannya, pembaca bakal diingatkan untuk bikin komunikasi yang efektif. Sehingga kalau suka katakan suka, kalau ada keinginan mohon disampikan. Nggak perlu melibatkan ‘seandainya’ yang justru membuat jarak untuk sebuah hubungan. Untuk pesan lainnya adalah terkadang masa lalu yang pilu memang menyisakan luka. Tetapi bakal sampai kapan membiarkan lukanya tetap basah? Sedangkan kita diberikan pilihan lainnya, yaitu memaafkan. Pilihan ini jelas-jelas ampuh untuk menyembuhkan luka hati. Kita harus memilih, bukan memelihara luka. Link resensi lengkapnya di sini: https://bukuhapudin.blogspot.com/2020...

  27. 5 out of 5

    Kamilia

    Baca ini via wattpad dan belakangan baca versi lengkapnya di gramed digital, ini novel romance yg sy demen bat, ngakak di part awal2, tp ada jg persoalan2 hidupnya,love it

  28. 5 out of 5

    Cindyyyy

    Well, aku suka! Starting Over berkisah tentang Prita dan mantan tunangannya—Erlan yang pernah menyelamatkan gadis itu dari kebodohan yang dia buat. Aku suka karakter Prita, meski sering kekanakan. Menurtku dia begitu karena orang tuanya seakan berpusat di Erlan saja. Dan dia menjadi merasa terabaikan. Erlan. Si tuan robot, kaku dan dingin, mantan tunangan Prita. Sekaku kakunya manusya bakal tetep luluh. Ada rasa sebel sama si Felis ya namanya? Enak banget ditonjokin itu. Dateng-dateng marah-marah sa Well, aku suka! Starting Over berkisah tentang Prita dan mantan tunangannya—Erlan yang pernah menyelamatkan gadis itu dari kebodohan yang dia buat. Aku suka karakter Prita, meski sering kekanakan. Menurtku dia begitu karena orang tuanya seakan berpusat di Erlan saja. Dan dia menjadi merasa terabaikan. Erlan. Si tuan robot, kaku dan dingin, mantan tunangan Prita. Sekaku kakunya manusya bakal tetep luluh. Ada rasa sebel sama si Felis ya namanya? Enak banget ditonjokin itu. Dateng-dateng marah-marah sama Prita tanpa tau penyebabnya. Ini sumbernya kamu loh Mbak. Labi amat. Ada rasa jengkel juga sama orang tuanya Prita, karena kek Prita terlalu di kekang sama mereka. Starting Over adalah buku kesekian Kak Titi yang aku baca. Kalo udh baca Ben & Becca pasti tau dong sama Prita dan kasusnya. Konflik bukunya ringan ya. Ada pertentangan batin antara Erlan dg dirinya sendiri. Sama juga kayak yg dialamin si Prita. Over all, aku suka sama kisah Prita dan Erlan ini. Fyi, Kak Titi adalah salah satu penulis auto-readku.

  29. 4 out of 5

    Tia Ayu Sulistyana

    3.5/5⭐️ ❝Hidup kamu itu tentang kamu sendiri, bukan untuk membenarkan persepsi orang-orang tentang kamu. Kamu nggak berutang apa-apa sama mereka, jadi berhenti menganggap orang lain lebih penting daripada diri kamu.❞ —Page 135 ••• Starting Over merupakan buku kedua dari Titi Sanaria yang aku baca dan cerita pertama Titi Sanaria yang aku ikutin di Wattpad. Selalu nunggu-nunggu update cerita dari Starting Over ini, tapi gak berani nagih ke penulisnya.😅 Starting Over memiliki premis love-hate-relations 3.5/5⭐️ ❝Hidup kamu itu tentang kamu sendiri, bukan untuk membenarkan persepsi orang-orang tentang kamu. Kamu nggak berutang apa-apa sama mereka, jadi berhenti menganggap orang lain lebih penting daripada diri kamu.❞ —Page 135 ••• Starting Over merupakan buku kedua dari Titi Sanaria yang aku baca dan cerita pertama Titi Sanaria yang aku ikutin di Wattpad. Selalu nunggu-nunggu update cerita dari Starting Over ini, tapi gak berani nagih ke penulisnya.😅 Starting Over memiliki premis love-hate-relationship antara Prita dan Erlan. Prita Salim merupakan anak tunggal dari Johny Salim—konglomerat serta pemilik perusahaan properti. Sedangkan Erlan merupakan tangan kanan serta anak emas dari Johny Salim. Johny Salim pun meminta keduanya untuk bertunangan dengan harapan Erlan dapat mengambil alih kendali perusahaannya di kemudian hari. Namun, karakter Prita dan Erlan yang bertolak belakang membuat pertunangan mereka sulit untuk dijalani. Terlebih untuk Prita yang terbiasa mendapatkan semua yang ia inginkan, namun tidak mendapatkan perhatian sedikit pun dari Erlan—si laki-laki robot yang irit bicara dan membosankan. Ditambah lagi dengan masa lalu kelam yang masih menghantui Erlan. Bagaimana kelanjutan kisah keduanya? Beberapa hari lalu baru nyelesain baca buku ini dan lupa bikin review-nya. Aku baca dari Gramedia Digital, untungnya belom beli buku fisiknya. Soalnya, versi di Wattpad dan versi cetaknya gak begitu beda. Kayaknya cuma di-rearrange dan ditambahi epilog aja. Epilog-nya juara banget sih! Sweet dan gemesin gitu. Cuma menuju ke ending, ceritanya berasa diburu-buru gitu. Banyak hal yang masih bisa dibahas pun, dibiarkan gantung. Overall, aku menikmati buku karya Titi Sanaria ini. Seru kayak Dirt on My Boots! Chemistry Prita sama Erlan tuh kuat banget dan gemesin. Oh iya, jadi penasaran sama kelanjutan Orlin-Bastian nih. Bakal dibikin spin-off-nya gak ya?

  30. 4 out of 5

    Leangelin

    Sukaaa banget sama karakter Erlan dan Prita! Konfliknya juga realistis dan jalan ceritanya enak. Apalagi gaya penulisan Mbak Titi, itu yang selalu bikin aku betah baca semua karya-karyanya. Novel ini seruuu, karakternya apalagi. Very enjoyable!

Add a review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
We use cookies to give you the best online experience. By using our website you agree to our use of cookies in accordance with our cookie policy.